Pahlawanku Inspirasiku

Hari Pahlawan diperingati oleh warga Indonesia setiap tanggal 10 November. Peringatan ini merupakan hari bersejarah karena memperingati perjuangan para pahlawan di Surabaya berjuang melawan bangsa asing tahun 1945.
Peringatan Hari Pahlawan memiliki tujuan untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang, membangun ingatan kolektif untuk menggerakkan kesadaran masyarakat, dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.
Pada tahun 2021, peringatan masih dalam kondisi pandemi. Oleh karena itu, penting untuk mengingat kembali momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan.
Lantas apa tema dan makna Hari Pahlawan 2021?

Berikut ulasannya dikutip dari laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos). Tema dan Makna Hari Pahlawan 2021:

Tema Hari Pahlawan 2021
Dalam situs Kemensos dijelaskan bahwa tema Hari Pahlawan Tahun 2021 adalah “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”.
Arti dari tema tersebut, yakni setiap insan masyarakat Indonesia seyogyanya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing.
Semangat kepahlawanan itu perlu terus dipertahankan oleh warga Indonesia untuk mengenang para pahlawan.
Adapun makna dari tema dan logo Hari Pahlawan 2021 adalah:
1. Gambar Bambu Runcing
Tema Hari Pahlawan 2021 yang menggunakan bambu runcing dalam logo merupakan senjata yang digunakan oleh para pahlawan dalam mengusir penjajah.
Penggunaan bambu runcing menjadi simbol keberanian para pahlawan dalam menghadapi kolonialisme.
2. Simbol Menolong
Simbol menolong pada logo untuk tema Hari Pahlawan 2021 diibaratkan sebagai pahlawan yang rela mengorbankan hidupnya untuk menolong orang lain.
3. Gambar Buku
Gambar buku dalam logo tema Hari Pahlawan 2021 bermakna sebagai sumber inspirasi generasi masa kini untuk mengetahui kisah heroik para pahlawan. Buku juga merupakan sumber inspirasi bagi para pahlawan dalam menggagas kebangsaan Indonesia.
4. Bendera Merah Putih
Penggunaan bendera merah putih pada tema Hari Pahlawan 2021 merupakan simbolisasi bangsa Indonesia yang dulu diperjuangkan para pahlawan.
Selain itu, bendera juga merupakan warisan negara yang harus dijaga dengan mewujudkan tujuan bernegara, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
5. Kepalan Tangan
Kepalan tangan pada logo tema Hari Pahlawan 2021 merupakan simbol keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
Dengan simbol ini, diharapkan generasi sekarang memiliki keteguhan yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

10 Nopember 2021. Edisi Kegiatan Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 bertempat di Lingkungan SMA Negeri  6 Medan, Cabang Dinas Pendidikan Medan Selatan, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. Ia adalah Ihsan Syuhada Matondang, S.Pd. (guru mata pelajaran sejarah) merefleksikan di hari pahlawan 10 Nopember 2021 melakukan hening cipta beberapa menit untuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan bangsa Republik Indonesia.

Dokumentasi ini menjadi bagian pemahaman nyata Wawasan Kebangsaan dari adanya dasar-dasar dan simbol nyata akan pentingnya Poin-Poin Positif Penaburan Nilai Keluhuran kesadaran akan Sejarah Kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa para Pahlawan yang sudah dengan gigih berjuang rela berkorban harta benda nyawa demi capaian tegaknya Rasa Persatuan Kesatuan Negara menuju Kemerdekaan yang hakiki serta terbebasnya Negara dari unsur Penjajahan Bangsa Asing. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021, tutur Ihsan Syuhada Matondang, S.Pd.

Tahun ini 2021, Hari Pahlawan jatuh pada hari ini, Rabu (10/11/2021). Hal tersebut bertujuan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *